Contoh RPP dengan format kurikulum 2013
Berikut ini merupakan contoh RPP dengan format mengikuti aturan kurikulum 2013 yang dibuat saat perkuliahan sebagai pelatihan dasar dalam pembuatan RPP dengan format mengikuti aturan kurikulum 2013. Hanya saja, karena ini masih bersifat pelatihan awal, maka RPP ini masih mengkhusus pada satu mata pelajaran saja yaitu Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dan belum dikaitkan dengan mata pelajaran lainnya, seperti yang diatur oleh kurikulum 2013 yaitu materi bersifat tematik.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD No .............................
Kelas/Semester : III/I
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Alokasi Waktu : 2×35 menit
A. Kompetensi Inti (KI):
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
B. Kompetensi Dasar (KD):
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
C. Indikator:
1. Menggambar imajinatif mengenai diri sendiri.
2. Mewarnai gambar imajinatif mengenai diri sendiri.
D. Tujuan Pembelajaran:
1. Membuat gambar imajinatif mengenai diri sendiri.
2. Mewarnai gambar imajinatif mengenai diri sendiri.
E. Materi Pembelajaran:
Gambar imajinatif merupakan gambar yang bersifat khayalan, misalnya manusia memiliki sayap, manusia berwajah besar dengan badan yang sangat kecil, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Peralatan yang digunakan dalam membuat gambar imajinatif meliputi kertas gambar, pensil, penghapus, pensil warna, dan peralatan menggambar yang mendukung lainnya.
F. Metode Pembelajaran:
1. Ceramah
2. Praktikum
3. Tes secara lisan dan tulisan
4. Pemberian tugas
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1. Media Pembelajaran : Contoh-contoh karya seni berupa gambar imajinatif .
2. Alat Pembelajaran : Kertas gambar, pensil, penghapus, pensil warna, penggaris, dan alat-alat lainnya yang mendukung.
3. Sumber Pembelajaran : Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD kelas III.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Pendahuluan (15 menit)
Menyiapkan berbagai media seperti alat tulis, dan alat-alat menggambar yang lainnya.
2. Inti (70 menit)
a. Memahami materi tentang gambar imajinatif.
b. Menggambar gambar imajinatif.
c. Mewarnai gambar imajinatif.
d. Menceritakan arti dari gambar imajinatif tersebut.
e. Mengapresiasi hasil karya berupa gambar imajinatif.
3. Penutup (20 menit)
a. Mengevaluasi dan merefleksi tentang hasil dan proses pembelajaran yang telah terjadi.
b. Mengakhiri kegiatan pembelajaran.
I. Penilaian:
1. Jenis/teknik penilaian : tes lisan dan tulisan
2. Bentuk instrumen : isian dan uraian
3. Instrumen : lembar kerja siswa
Oleh Ni Luh Ketut Yunita Sari (1211031013)
Kelas A Jurusan PGSD UNDIKSHA
Semester 4
Oleh Ni Luh Ketut Yunita Sari (1211031013)
Kelas A Jurusan PGSD UNDIKSHA
Semester 4
Tidak ada komentar :
Posting Komentar