FORMAT PENULISAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Berikut ini diuraikan runtutan penulisan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menurut kurikulum 2013.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester :
Tema/subtema :
Alokasi waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1. .................................. (KD pada KI-1)
2. .................................. (KD pada KI-2)
3. .................................. (KD pada KI-3)
Indikator : ........................................
4. .................................. (KD pada KI-4)
Indikator : ........................................
KD-1 dan KD-2 dari KI1 dan KI2 tidak harus dikembangkan dalam indikator karena keduanya dicapai melalui proses pembelajran yang tidak langsung. Indikator dikembangkan hanya untuk KD-3 dan KD-4 yang dicapai melalui proses pembelajaran langsung.
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran (rincian dari materi pembelajaran)
E. Metode Pembelajaran (rincian dari kegiatan pembelajaran)
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
2. Alat/Bahan
3. Sumber Belajar
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke-satu:
a. Pendahuluan (........ menit)
b. Inti (....... menit)
c. Penutup (........ menit)
2. Pertemuan ke-dua:
a. Pendahuluan (....... menit)
b. Inti (....... menit)
c. Penutup (......... menit)
H. Penilaian
1. Jenis/Teknik Penilaian
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3. Pedoman penskoran
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke-satu:
a. Pendahuluan (........ menit)
b. Inti (....... menit)
c. Penutup (........ menit)
2. Pertemuan ke-dua:
a. Pendahuluan (....... menit)
b. Inti (....... menit)
c. Penutup (......... menit)
H. Penilaian
1. Jenis/Teknik Penilaian
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3. Pedoman penskoran
Tidak ada komentar :
Posting Komentar